Sukses

Benjolan di Bagian Kewanitaan

05 Jul 2020, 17:43 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat malam dok .. Saya ada keluhan ada seperti benjolan di gigit semut / tungau di bagian vagina luar dekat klistoril .. Dan setelah buang air perut terasa sakit dok .. Keputihanpun banyak tapi jernih dan tidak berbau.. Bisa tolong di bantu di jawab dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, sejak kapan benjolan tersebut muncul? Apakah ada nyeri, gatal, bengkak,dan kemerahan? Apakah benjolannya bertambah besar? 

Benjolan yang muncul dapat berupa hal yang ringan sampai berat. Beberapa penyebab benjolan dibagian kewanitaan diantaranya adalah karena sumbatan kelenjar, infeksi ataupun tumor. 

Apabila benjolan tersebut nyeri, kemerahan, dan bengkak, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi. Bila benjolannya bertambah besar, memiliki konsistensi keras, dan tidak nyeri, kemungkinan penyebabnya adalah tumor. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung apabila benjolan di bagian kewanitaan anda sudah sangat mengganggu dan membesar. Agar dilakukan evaluasi lebih lanjut terkait keluhan Anda. Untuk penanganan awal, Anda bisa mengompres pada bagian benjolan dengan air hangat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

 

0 Komentar

Belum ada komentar