Sukses

Apakah Termasuk Kepribadian Ganda?

26 Jun 2020, 11:42 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dok, saya mau tanya. Gimana kalo saya sering mengalami gangguan perasaan. Contohnya, saya sering tiba-tiba merasa sangat marah. Dan tiba-tiba sangat lembut. Apa itu termasuk kepribadian ganda?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kepribadian ganda, atau secara medis saat ini dikenal dengan istilah gangguan identitas disosiatif, merupakan gangguan kejiwaan yang ditandai dengan adanya dua kepribadian atau lebih dalam diri seseorang. Penderita gangguan ini mengalami kepribadian yang berubah-ubah dan hal ini tidak disadarinya.

Kepribadian ganda merupakan gangguan kejiwaan yang termasuk dalam kelompok gangguan disosiatif. Gangguan disosiatif adalah gangguan mental yang ditandai dengan gangguan memori, kesadaran, atau kepribadian, yang biasanya dipicu oleh stres.

Kepribadian ganda merupakan jenis gangguan kejiwaan yang sangat jarang terjadi. Data menunjukkan bahwa perempuan lebih berisiko untuk mengalami gangguan ini. Selama perubahan kepribadian ini tidak menetap selama beberapa saat atau sampai mengganggu kehidupan sosial anda maka masih bisa dibilang dalam tahap normal. jika anda masih merasa khawatir disarankan periksa langsung ke dokter spesialis jiwa atau psikiater karena pemerikaan secara menyeluruh dibutuhkan untuk menentukan penyebab pastinya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar