Sukses

Diare Akibat Makan Nasi Padang

26 Jun 2020, 11:42 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok. Saya merasa meriang. Dan frekuensi buang air besar dr jam 2 siang sampe malam jam 10 sudah lebih 6 kali, kepala jadi puyeng. Saya dah minum fasidol dan promag serta supertetra. Saya memiliki riwayat maag dan tipes. Saya td siang makan nasi padang. Setelah makn nasi padang itu saya mulai kebablasan BAB dengan feses cair seperti air. Mohon pettunjuknya dok untuj pengobatannya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Bagaimana dengan diare Anda? Apakah air atau ada ampas?Lebih banyak air atau ampas? Adakah darah? Lendir? Berapa kali dalam sehari Anda mengalami diare?Bagaimana dengan kondisi umum Anda?Apakah merasa lemas?Dapatkah Anda beraktivitas?

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Gejala dan tandanya meliputi: Konsistensi feses menurun (cair) dengan/ tanpa darah, suhu badan mungkin meningkat (demam), nyeri perut, sakit kepala, nafsu makan tidak ada/ berkurang, lemah, mual, muntah, mialgia (nyeri otot), gelisah.

Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya infflamatory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penting juga diperhatikan sudah berapa lama atau sudah berapa hari Anda mengalami diare ini. Apabila lebih dari 3 hari atau bahkan hingga seminggu, kemungkinan besar ada penyebab yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti infeksi bakteri.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

virus (paling sering)

bakteri

infeksi parasit

obat-obatan (kafein, alkohol)

penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)

laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)

pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

keracunan makanan

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar