Sukses

Sebab Jari Sering Kesemutan

25 Jun 2020, 11:20 WIB
Pria, 48 tahun.

Apa sebab jari telunjuk sama jari tengah sakit dn kesemutan

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

ebelumnya, kami perlu menanyakan terlebih dahulu apa pekerjaan Anda? Apakah sering menggunakan tangan untuk mengetik atau memasak atau pekerjaan lain banyak menggunakan gerakan pada pergelangan tangan dan jari-jari?

Pada wanita paruh baya seperti Anda, kondisi tangan pegal dan kesemutan dapat disebabkan oleh sindrom terowongan karpal/carpal tunnel syndrome (CTS).

Penyebab kesemutan lain yang berlangsung sementara ialah:

Penekanan saraf yang berlangsung lama akibat posisi, misalnya duduk bersila, berjongkok atau kebiasaan mengganjal tangan/lengan di bawah kepala saat tidur

Sindrom hiperventilasi (napas cepat)

Serangan panik

Dehidrasi (kurang cairan)

Transient Ischemic Attack (TIA), terkadang disebut stroke mini

Kejang

Suplai darah kurang pada tempat kesemutan

Sedangkan kesemutan yang kronik dapat disebabkan oleh:

Gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, multiple sclerosis, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome) akibat melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang

Gangguan jantung dan pembuluh darah

Gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.

Infeksi dan sindrom post-infeksi

Gangguan jaringan ikat dan imunitas

Kelainan darah, kulit, tulang, dan sendiKekurangan vitamin seperti: vit B1 (beriberi), vit B5 dan B12, vitamin E dan niasin

Kanker

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar