Sukses

Bolehkah Berhubungan Setelah Keguguran?

25 Jun 2020, 11:20 WIB
Wanita, 29 tahun.

saya keguguran tgl 26 mei, di cek tidak usah dikuret bisa pakai obat. seminggu kemudian saya control dan hasil usg masih ada sisa darah. tapi dari vagina saya sudah tidak keluar darah. dua minggu kemudian saya control lagi hasil usg masih ada sisa. suami saya mengajak berhubungan. bolehkah berhubungan tapi masih ada sisa darah di rahim saya dok?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Berhubungan intim pasca keguguran boleh saja asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Umumnya setelah satu minggu dari keguguran darah sudah tidak ada lagi. 

Adapun jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi.Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa setelah mengalami keguguran, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. Gunakanlah kontrasepsi untuk menghindari kehamilan dalam 3 bulan pertama setelah keguguran. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar