Sukses

Akurasi Pemeriksaan HIV

25 Jun 2020, 11:19 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat sore dok.. Dok saya mau nanya seputaran HIV .saya akan tes HIV dok..dan terakhir berhubungan dengan pacar saya pada tgl 11 April..saya akan tes pada 7 Juli.. terhitung 87 hari dok ..apakah hasil nya akan akurat jika 87 hari dok..

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

HIV AIDS merupakan penyakit akibat terinfeksi virus HIV yang menyebabkan penurunan kekebalan tubuh sehingga penderitanya rentan terhadap berbagai jenis infeksi.

Pemeriksaan laboratorium yang dapat dilakukan untuk memeriksa HIV/AIDS adalah :

Antibodi terhadap HIV (bisa dilakukan dengan cara rapid test, ELISA, atau western blot)

CD4 (untuk mengetahui jumlah sel yang menjaga kekebalan tubuh, biasanya dipakai untuk mengevaluasi pengobatan)

Viral load (biasanya juga dipakai untuk evaluasi pengobatan)Jika hasil tes negatif, namun dokter menemukan ada gejala yang mencurigakan, biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan lab ulang untuk memastikan penyakit. 

pemeriksaan dengan hasil negatif perlu diulang 6 bulan kemudian karena periode jendela hiv bisa mencapai 10 tahun sehingga sangat sempit kalau baru 87 hari. konsultasikan ke dokter anda mengenai masalah ini agar informasi dapat digali lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar