Sukses

Cara dan Penyebab Kebotakan Dini

25 Jun 2020, 11:19 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, saya laki² berusia 25 tahun. Saya mengalami rontok (kebotakan dan rambutnya sprt carang tp blm parah) di kepala bagian atas padahal saya masih dikatakan muda sekali utk kebotakan. Kulit kepala saya yg mengalami rontok seperti selalu berjerawat dan kalau dipijit sakit layaknya jerawat. Kira² apa penyebabnya ya dan bagaimana agar rambut saya lebat lagi?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan disebut dengan alopesia androgenika/alopesia areata dan akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang.  Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. 

Alopesia areata adalah jenis kebotakan yang paling banyak terjadi pada pria maupun wanita. Alopesia areata dapat menyerang semua usia. Beberapa penyebabnya adalah:

Genetik

Penyakit tiroid

Diabetes melitus

Lupus

Rheumatoid arthritis

Psoriasis

Down’s syndrome

Vitiligo

Atopi (rhinitis alergi, asma, eksim)

Gangguan emosional (depresi, cemas, stres, gangguan paranoid)

Bagaimana cara mengatasinya?Alopesia areata merupakan kondisi yang tidak dapat diprediksi. Banyak kasus dengan bercak kebotakan dapat tumbuh kembali (sembuh spontan) dalam beberapa bulan tanpa pengobatan apapun. Beberapa pilihan terapi yang dapat diberikan adalah:

Suntikan Kortikosteroid

Injeksi kortikosteroid intralesi merupakan terapi lini pertama untuk alopesia terlokalisasi. Pertumbuhan rambut mulai tampak dalam 4-6 minggu pada pasien yang responsif. Pasien dengan alopesia yang luas dan lama cenderung memiliki respons terapi yang kurang bagus. Obat yang paling banyak digunakan adalah Triamcinolone acotonide (Kenalog) yang disuntik setiap 4 minggu.

Krim Olesan Kortikosteroid

Krim topikal fuocinolone acetonide 0,2% yang dioleskan 2 kali per hari menunjukkan respons yang bagus pada 61% pasien. Terapi dilakukan selama minimal 3 bulan.

Minoxidil

Efektif diberikan pada pasien alopesia areata yang ekstensif (kerontokan 50-90%), namun memiliki manfaat yang kecil pada alopesia universalis dan totalis. Minoxidil diteteskan ke bercak yang mengalami kebotakan dua kali sehari. Pertumbuhan rambut awal akan muncul dalam 12 minggu. Efek samping berupa iritasi dan rambut yang tumbuh berwarna kemerahan.

Imunoterapi topikal

Substansi yang biasanya digunakan adalah diphencyprone (DPCP). Obat ini deiberikan pada kulit yang terkena alopesia dengan tujuan menimbulkan reaksi mirip alergi dan memicu pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut mulai tampak pada minggu ke 12-24.

Psoralen with ultraviolet A light (PUVA)

Penggunaan wig

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis jenis dan derajat penipisan rambut Anda, dan mendiskusikan pilihan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar