Sukses

HIV dari luka ketemu cairan vagina

30 Jun 2020, 09:52 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok saya mau tanya jika jari saya ada sedikit luka tidak terlalu dalam tpi sudah tidak berdarah apabila terkena cairan vagina hiv apakah sya juga beresiko tinggi terkena penyakit hiv ya doc ?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani maka risiko untuk tertularnya HIV tidak ada.

Bila memang Anda pasti kontak dengan penderita HIV kami sarankan coba lakukan pengobatan profilaxis infeksi HIV yaitu pemberian obat anti-HIV selama 1 bulan. Sebelumnya coba lakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu. 

HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt. Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi.

Pasangan Terkena HIV Bagaimana Caranya agar Tak Ikut Tertular?

Apakah Virus HIV Bisa Menular Lewat Hubungan Seksual Fingering

Ada Anggota Keluarga Mengalami Gejala HIV? Lakukan Ini!

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

0 Komentar

Belum ada komentar