Sukses

Keluar cairan bening sangat banyak dari vagina

30 Jun 2020, 08:51 WIB
Wanita, 20 tahun.

sore dok, begini.. saya ada masalah dengan organ kewanitaan saya. kok akhir2 ini saya sering keluar cairan bening yang sangat banyak dr vagina. apakah itu normal ato tidak dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Vagina mengeluarkan cairan saat terangsang merupakan keadaan yang wajar. Kelenjar-kelenjar pada vagina dan mulut rahim (serviks) memproduksi cairan dalam jumlah sedikit. Cairan ini mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua dinding vagina. Dengan proses ini, vagina dijaga agar tetap sehat dan bersih. Cairan ini normal dan biasanya bening atau sedikit seperti susu dan tidak berbau. Warna dan kekentalan cairan berganti-ganti selama siklus menstruasi. Cairan akan lebih kental ketika terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari indung telur), ketika menyusui, atau ketika terangsang secara seksual.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Periksakan diri Anda secara langsung ke dokter bila curiga yang Anda alami tidak normal.

Ini Bedanya Keputihan Normal dan Tidak Normal

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

4 Mitos Keputihan yang Tidak Perlu Anda Percaya

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

1 Komentar

  • Puput

    Siang dok..sy SDH seminggu ini keluar cairan bening dari vagina..seperti air gitu..tp dia gk bau.itu knp ya dok.mohon di bantu dok