Sukses

Kentut sangat bau

29 Jun 2020, 21:21 WIB
Pria, 68 tahun.

Belakangan kentut saya sangat bau. Apakah kira2 penyebabnya ? Apakah ada bakteri dalam perut atau apa saya nggak tahu. Apa yang perlu saya lakukan ? Apakah saya perlu lakukan cuci perut ? Kalau cuci perut, yang seperti apa ? Terima kasih.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Penelitian dari Universitas Exeter menyatakan bahwa kentut yang bau merupakan pertanda tubuh yang sehat. Bau busuk tersebut berasal dari gas yang mengandung sulfur, seperti methanethiol, hidrogen sulfida, dan dimethyl sulfida.

Tak hanya itu, bau tak sedap tersebut juga bisa berasal dari bakteri yang ada di dalam usus dan feses yang tertahan di rektum. Namun, apabila kentut bau busuk terjadi terus-menerus dan Anda merasa tidak enak badan, itu lain masalah.

Beberapa kondisi di bawah ini bisa jadi penyebabnya:

  • Malabsorpsi Karbohidrat

Ini terjadi akibat saluran cerna tidak mampu mencerna karbohidrat. Dalam kondisi ringan, kejadian ini dapat berupa nyeri perut –seperti perut kembung. Akan tetapi, dalam kondisi yang berat kejadian ini tergolong sebagai penyakit Celliac.

  • Intoleransi Laktosa

Terjadi ketika enzim yang dibutuhkan untuk memecah laktosa tidak tercukupi oleh tubuh. Akibatnya, bakteri menyerap laktosa tersebut dan akan menghasilkan gas berbau busuk. Para penderita intoleransi laktosa disarankan untuk menghindari konsumsi susu untuk mengurangi jumlah gas di dalam perut.

  • Infeksi Saluran Cerna

Ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang menginfeksi saluran cerna. Infeksi tersebut umumnya disertai dengan diare, demam, dan sakit perut.  Apabila gejala di atas terjadi secarar berkepanjangan, penderita harus berkonsultasi dengan dokter agar segera dapat ditindaklanjuti secara tepat.

Cara terbaik mencegah kentut bau busuk adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak sulfur –seperti kol, daging, keju, susu sapi, dan bawang putih. Karena sulfur memiliki kandungan aroma seperti telur busuk.

Inilah Penyakit yang Bisa Menjadi Penyebab Kentut Bau Busuk

Trik agar Kentut Tak Terlalu Bau

5 Makanan Ini Bikin Kentut Makin Bau

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

0 Komentar

Belum ada komentar