Sukses

Lemas, pusing, mual hingga muntah dan penglihatan kabur

29 Jun 2020, 11:12 WIB
Wanita, 28 tahun.

.do saya hampir 10hari badan lemes pusing mual suka gagal fokus sama penglihatan kabur ...dn kalo mual lgsung muntah ...dn belum sempet di priksain soalnya kondisinya kaya gini...dulu pas hamil kalo darah di atas 90 mesti pusing..tapi kalo di 90 turun sedikit mlh ngk pusing ..kira' apa ya yg harus saya lakuin??

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Tekanan darah terdiri dari tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik menunjukkan tekanan pembuluh darah tubuh saat jantung memompa darah. Sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan pembuluh darah tubuh saat jantung beristirahat. 

Tekanan darah seseorang dianggap normal apabila berada di rentang <120/80 mmHg. Sedangkan disebut rendah apabila <90/60 mmHg.

Tekanan darah rendah disebut juga dengan hipotensi. Gejalanya di antaranya adalah pusing, rasa melayang, lemas, pandangan kabur, mual, keringat dingin, kehausan, hingga penurunan kesadaran atau pingsan.

Tekanan darah rendah dapat menjadi tanda penyakit tertentu misalnya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), gangguan jantung, gangguan sistem hormon, perdarahan, infeksi berat, reaksi alergi berat, dan pengaruh obat-obat tertentu.

Yang Anda alami bisa merupakan hipotensi, tetapi bisa juga merupakan gejala dari sakit kepala kronis atau vertigo. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan tekanan darah.

Bila ini terjadi berulang, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar penanganannya tepat.

Bila memang hipotensi, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar tekanan darah meningkat:

  • Konsumsi garam yang lebih banyak.
  • Banyak minum air putih, hindari alkohol.
  • Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)
  • Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.
  • Untuk penderita hipotensi ortostatik (gejala: pusing dan gelap mendadak saat merubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri): bangun secara perlahan dari tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya periksakan langsung kondisi Anda ke dokter.

Bukan Anemia, Ini Fakta Mengenai Tekanan Darah Rendah 

8 Penyebab Pusing yang Disertai Mual

12 Penyebab Penglihatan Buram Ini akan Mengejutkan Anda!

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar