Sukses

Kontak lens mata silinder

28 Jun 2020, 20:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, mata saya silinder apakah boleh pake contact lens ? Lalu apakah bisa convert ukuran mata silinder menjadi minus untuk di gunakan pada contact lens ?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Saat ini sudah ada lensa kontak untuk silinder, bahkan bervariasi dari yang sekali pakai, hingga 30 hari pakai. Terdapat berbagai pilihan lensa kontak:

  • Lensa kontak sferis reguler atau RGP sferis reguler untuk silinder -1.00 hingga +1.00
  • Lensa kontak "Toric" untuk resep kacamata yang lebih rumit. Di dalamnya memiliki dua kurvatura sehingga dapat mencakup penglihatan jauh/dekat. Lensa kontak ini dibuat dengan resep kacamata (harus dipesan), dan dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan. Harganyapun lebih mahal daripada lensa kontak biasa.

Pada silinder terjadi kelainan bentuk kornea. Kelainan ini cukup banyak ditemukan. Beberapa ahli bahkan berpendapat bahwa hampir semua orang memiliki derajat silinder, seringkali sejak lahir yang kemudian menetap. Penyebab pasti kelainan ini tidak diketahui, tetapi memang ada kecenderungan untuk diturunkan dalam keluarga. Karena alasan itu pula ada beberapa orang yang lebih rentan terkena silinder daripada yang lain.

Bergantung pada derajat dan jenis silindernya, dapat juga dilakukan terapi bedah refraksi dengan laser untuk memperbaiki bentuk kornea. Bila tertarik, Anda dapat mendiskusikan lebih lanjut dengan dokter mata Anda mengenai prosedur yang dipilih.

Ini Alasan Mengapa Anda Tak Boleh Tidur Memakai Lensa Kontak

Pakai Lensa Kontak Setiap Hari, Amankah?

Malas Melepas Lensa Kontak Saat Mandi? Waspadai Ini

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar