Sukses

Mengatasi Gusi Bengkak dan Rahang Bawah yang Sakit

28 Jun 2020, 23:12 WIB
Wanita, 41 tahun.

Selamat Pagi Dok, gusi bagian atas belakang kiri bengkak, sebelumnya rahang terasa sakit, kemudian gigi tidak nyaman saat mengunyah, terasa sakit, hingga bengkak, beberapa hari sebelumnya, gusi tertusuk duri ikan, lama-lama rahang dibawah telinga dekat gigi belakang terasa sakit, sebelah kiri dan kanan, apa yang harus saya lakukan, obat apa yang baik saya makan ? sekian terima kasih,

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi gusi bengkak dan rahang bawah yang sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang, infeksi atau kondisi lainnya. Apakah di gigi belakang atas kiri ada yang berlubang? Apakah ada sisa akar pada sekitar area yang mengalami sakit ? Apakah terasa sakit pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan ? Apakah pembengkakan disertai nanah atau perdarahan ? Apakah gigi geraham bungsu sedang mengalami gangguan pertumbuhan ? Tanda-tanda pada gusi yang mengalami peradangan  adalah gusi lebih mudah berdarah dan berwarna merah terang.

Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gigi namun ada juga penyebab lainnya seperti penyakit sistemik dan hormonal.

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang. 

Untuk menyembuhkan gusi bengkak, perlu diketahui terlebih dulu penyebabnya dan untuk mengetahui penyebabnya tentu saja diperlukan bantuan dokter gigi lalu baru dapat dipastikan terapi yang diperlukan. Sebaiknya periksakan keadaan Anda segera ke dokter gigi agar diketahui pasti penyebab dari kelainan pada gusi serta dapat diberikan terapi yang sesuai.

Sementara sambil menunggu ke dokter gigi apalagi saat pandemik ini, anda bisa berkumur dengan larutan kumur yang mengandung Chlorhexidine. Dan untuk mengatasi rasa sakitnya bisa dengan obat yang mengandung asam mefenamat.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

- 6 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Mengatasi Gusi Bengkak dengan 4 Bahan Alami dari Dapur

Kenali 5 Penyebab Wajah Bengkak

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengatasi gusi bengkak dan rahang bawah yang sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar