Sukses

Tambalan Gigi yang Sakit Dibongkar Keluar Gas

26 Jun 2020, 11:48 WIB
Wanita, 35 tahun.

Malam Dok...beberapa hari yang lalu saya ke dokter gigi karena ada lobang gigi karena diketuk tidak sakit dan gigi saya juga tidak sakit kemudian ditambal permanen.Beberapa hari kemudian gigi saya yg ditambal itu sakit sekali buat menekan sangat sakit kemudian saya kembali lagi setelah dibongkar tambalannya katanya keluar gas.Dan ini ditambal sementara tapi masih sakit.Apa ini normal dok dan berapa hari sembuh rasa sakitnya?Terima kasih Dok mohon penjelasannya

Terimakasih telah bertanya tentang tambalan gigi yang sakit dibongkar keluar gas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keluhan yang anda alami. Sebelum menjawab pertanyaan anda kami akan menjelaskan sedikit mengenai hal ini. Rasa sakit yang timbul setelah menambal gigi bisa disebabkan oleh 2 hal;

1. Gigi berlubang yang sudah dalam bila ditambal dengan tambal sinar, saat awal bisa terjadi rasa ngilu akibat aplikasi etsa yang bersifat asam saat proses penambalan, namun normalnya rasa ngilu akan hilang dalam beberapa hari. BIla sudah 1 minggu rasa ngilu tidak hilang, maka harus lakukan pemeriksaan rontgen pada gigi tersebut. 

2. Bila gigi anda yang berlubang sudah sangat dalam dan sudah lama dibiarkan terbuka lalu ditambal, dan setelah ditambal sakit maka kemungkinan bakteri sudah masuk ke dalam kamar pulpa (ruang yang berisi saraf, pembuluh darah dan pembuluh limfe). Bakteri yang sudah masuk ke kamar pulpa memproduksi gas dan karena gigi sudah ditutup dengan tambalan maka gas tidak bisa keluar sehingga menyebabkan rasa sakit pada gigi.

Berdasarkan keterangan anda bahwa ketika tambalan dibongkar terdapat gas yang keluar, maka sebaiknya gigi jangan dulu ditutup tambalan sementara sampai gasnya benar-benar hilang. Gas ini menandakan sudah ada infeksi di dalam saluran akar, jadi perlu diberi obat antibiotik selama 3-5 hari. Setelah itu jika gigi sudah tidak sakit baru dilanjutkan dengan perawatan saraf gigi.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat? 

Kenali Lebih Jauh tentang Infeksi Saluran Akar sebelum Makin Parah

Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambalan gigi yang sakit dibongkar keluar gas , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar