Sukses

Tangan Membengkak Setelah Diinfus

26 Jun 2020, 21:34 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam dokter. Mohon bila berkenan menjawab pertanyaan saya. 1 minggu lalu ayah saya baru keluar dari rumah sakit, riwayat penyakitnya atsma sesak dan batuk. Syukur sudah bisa pulang, tapi sekitar 3 hari ini tangan kirinya membengkak dan sakit. Setelah cek up kers yg sama dokter sana bilang karena efek infus. Pertanyaan saya apa benar itu karena efek infus? Kalau iya, ayah saya sudah pernah dirawat 5 kali dgn penyakit yg sama kenapa baru sekarang infus ber efek? Dan bagaimana meredam sakitnya ? Terima masih atas bantuannya dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Salah satu efek samping dari pemasangan infus memang dapat menimbulkan bengkak pada tangan. Seperti yang diketahui, pemasangan infus dilakukan pada pembuluh darah vena di tangan menggunakan jarum suntik. Hal tersebut dapat menimbulkan peradangan pada pembuluh darah bahkan setelah infus dilepas.

Yang harus Anda perhatikan adalah menjaga tangan bekas infus tersebut agar tidak terjadi infeksi yang lebih serius. Pastikan tangan yang mengalami bengkak tetap dalam keadaan bersih dan kering, lakukan kompres dingin dan hangat secara bergantian, letakkan tangan yang bengkak lebih tinggi dari badan saat Ayah Anda sedang berbaring.

Jika bengkak dan nyerinya tidak juga membaik dan menimbulkan tanda-tanda infeksi, sebaiknya lakukan konsultasi kembali dengan dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Ayah Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar