Sukses

Nafas Bau padahal Tidak Ada Gigi Berlubang

23 Jun 2020, 23:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malem dok, saya ada bermasalah di bau napas saya. Saya juga sudah konsul 2 bulan terakhir. Saat diperiksa gigi saya tdk ada yg berlubang hanya saja saat sikat gigi terkadang ada darahnya. Lalu dokter menyarankan saya utk menggunakan sikat gigi yang lembut dan odol yg utk sensitif. Setelah saya sudah jalan kan ternyata tidak berpengaruh, lalu saya menggunakan mat wash non alkohol tidak berpengaruh juga dok. Karna yg saya rasakan sebelum/setelah saya makan itu saya merasakan setelah beberapa jam mulai bau napas saya. Saya juga rajin sikat gigi malam hari. tetapi kadang gusi saya terasa ngilu dok? Apakah ada gangguan usus saya ya dok atau dilambung? Lalu apa mungkin makanan yg pedas, karna saya suka makan pedas seperti mie/bakso? dan saya juga dikit dlm mekonsumsi nasi dlm sehari, BB saya juga turun dok tapi tidak derastis. Itu sajaa dok yg saya sampaikan, mohon untuk jawabannya saya ucapkan terima kasih🙏

Terimakasih telah bertanya tentang nafas bau padahal tidak ada gigi berlubang melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa saat sikat gigi ada darahnya. Maka dugaan kami bahwa anda mengalami radang gusi atau Gingivitis.

Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi, dimana menyikat gigi dapat menjadi pemicu perdarahan ini. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi  dapat disebabkan oleh beberapa hal :

1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.

3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi.

5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.

6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C.

7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Untuk mengatasi masalah bau mulut akibat gusi berdarah, kami sarankan untuk melakukan pembersihan karang gigi atau kuret gusi sekaligus untuk mengatasi radang gusi tersebut.

Namun jika sudah melakukan pembersihan karang gigi tapi masih ada bau mulut, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, untuk mencari tau penyebab bau mulut yang berasal dari saluran perncernaan.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi? Waspada Penyakit Ini

- Kok Bisa Berdarah Ketika Menyikat Gigi?

- Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai nafas bau padahal tidak ada gigi berlubang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar