Sukses

Wajah Bagian Bawah terasa Nyeri, Tegang dan Kaku

23 Jun 2020, 23:36 WIB
Pria, 22 tahun.

Halo klik dokter, saya 3 hari yang lalu meradakan serak ditenggorokan setelah secara tidak sengaja minum 500ml air rebusan sanyo. Setelah itu saya batuk hampir semalaman dan rabu malam itu tenggorokan saya kering sekali jadi saya minum banyak air putih dirumah. Keesokan harinya saya demam dok batuk dan hidung meler sampai kemarin sabtu malam. Saya kira hanya flu biasa tapi kenapa disertai dengan gusi daerah bawah terasa nyeri dan tegang ya dok, dan tegangnya ini sampai kepala melingkar wajah gitu dok. Sekarang sudah hilang deman dan batuknya Tinggal beberapa kali bersin dan pileknya masih sedikit. Tapi nyeri gusi bagian bawahnya ini yang ga ilang ilang dok. Rasanya kaku nyeri seperti tebal gitu. Saya bingung, saya rajin gosok gigi juga dan gusi nyeri ini sudah terjadi sekitar 4 kali ini dok. Pertama terjadi ketika saya stress dan banyak.kerjaan Mohon solusinya

Terima kasih sudah bertanya tentang wajah bagian bawah terasa nyeri, tegang dan kaku melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, bahwa gejala yang anda alami yaitu gusi bawah terasa nyeri, kaku dan tegang dan pernah timbul saat stress, maka dugaan kami anda mengalami Trigeminal neuralgia. 

Trigeminal neuralgia ditandai dengan rasa nyeri kronis akibat gangguan pada saraf trigeminal atau saraf kelima dari 12 pasang saraf yang berasal dari otak. Saraf ini terletak pada setiap sisi wajah dan memungkinkan seseorang dapat merasakan beragam sensasi pada wajah.

Sebagian besar rasa nyeri pada trigeminal neuralgia terjadi pada salah satu sisi wajah terutama wajah bagian bawah. Umumnya, nyeri akan muncul pada pipi, rahang, gusi, gigi, atau bibir. Rasa nyeri ini juga terkadang dapat terasa pada mata dan dahi.

Rasa nyeri tersebut terasa seperti nyeri menusuk atau tersengat listrik, yang berlangsung dari beberapa detik hingga sekitar dua menit. Serangan nyeri ini dapat muncul secara teratur selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Namun pada kasus yang parah, rasa nyeri dapat muncul ratusan kali dalam satu hari.

 

Kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf, sehingga dokter akan menentukan tindakan pengobatan sesuai dengan kondisi dan penyebab kondisi anda. Tujuan pengobatan Trigeminal Neuralgia adalah mengendalikan rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita. Di sisi lain, pasien akan diberi saran untuk sebisa mungkin menghindari pemicu serangan tersebut, agar nyeri tidak bertambah.

Berikut artikel terkait pertanyaan anda :

- Oral Fisioterapi Bagi Pasien Kelainan Sendi Rahang

- Trigeminal Neuralgia

Otot Rahang Kaku? Ini Penyebabnya!

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai wajah bagian bawah terasa nyeri, tegang dan kaku, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar