Sukses

Bagaimana Cara Mengatasi Sulit Tidur?

23 Jun 2020, 18:46 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya sering insomnia parah, jarang mkn bahkan berhari hari. Suka cemas berlebihan. Gampang stres. Apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih sudah bertanya seputar masalah sulit tidur dan stress dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelum kami memberikan informasi lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu ditanyakan terkait dengan keluhan Anda. Sudah berapa lama insomnia ini Anda alami? Apakah Anda lebih sulit memulai tidur atau sulit untuk tidur kembali setelah terbangun dari tidur? Bagaimana dengan aktivitas atau pekerjaan Anda sehari-hari, apakah lebih berat dari biasanya? Apakah stress ini dipicu dari konflik pekerjaan maupun keluarga atau kerabat? Apakah pernah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater?

Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Insomnia merupakan bagian dari gangguan tidur, tetapi keluhan ini adalah keluhan yang paling sering dari gangguan tidur.

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur dalam hal ini insomnia, seperti faktor psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri melainkan saling berkaitan. Contohnya adalah faktor fisik tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya, faktor psikologis dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisik senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  • Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.
  • Cobalah mengatur pola tidurBangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
  • Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb.
  • Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang.
  • Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.
  • Relaksasi. Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
  • Berpikir positif. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya dengan tenang. Ceritakan masalah Anda kepada orang disekitar Anda yang dapat dipercaya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan sudah dapat mengatasi insomnia yang Anda alami. Namun, jika Anda terus menerus mengalami masalah sulit tidur sebaiknya Anda mencari bantuan ke psikiater. Karena sulit tidur berkepenjangan menurunkan kualitas hidup, akibatnya bisa mengarah ke depresi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar