Sukses

Wasir, Bahayakah?

23 Jun 2020, 17:03 WIB
Wanita, 14 tahun.

selamat malam dok. saya mau bertanya, sebelumnya maaf kalau perkataan saya kurang sopan. jadi waktu saya berumur 13 tahun, saya pernah mengalami gejala susah buang air besar, dan itu terjadi selama 3 hari berturut turut. saat saya buang air kadang keluar darah, akhirnya saya periksa ke dokter klinik, lalu dokternya bertanya "maaf, apakah ada benjolan di anus? karna kalau ada, bisa jadi itu wasir" lalu saya jawab "tidak" karena memang pada saat itu saya tidak merasakan adanya benjolan. namun pada saat saya pulang dari dokter, saat saya ingin buang air besar lagi, saya merasakan adanya benjolan itu.. lalu lama kelamaan, buang air besar saya sudah normal lagi seperti biasa, namun benjolannya masih ada sampai sekarang. apakah itu bahaya atau tidak ya, dok? karena semenjak itu saya tidak pernah pergi ke dokter lagi. terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Wasir melalui fitur Tanya Dokter

Hemorrhoid atau wasir merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Tipe dan derajat hemorrhoid bervariasi; mulai dari yang dapat terlihat tepat pada muara rektum/dubur/anus, hingga hemorrhoid yang hanya keluar saat mengejan dan kemudian dapat masuk spontan atau perlu pendorongan dengan tangan, hingga yang tidak dapat dimasukkan kembali.

Perlu diketahui bahwa wasir atau haemorrhoid tidak dapat sembuh secara total. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah timbulnya keluhan dan mengatasi gejala yang timbul dengan obat-obatan. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Minum banyak airmakan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dan sebagainya) sekitar 20-25 gram sehari
  • OlahragaMenghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Obat-obatan yang diberikan bukan untuk menghilangkan wasir secara permanen, tetapi hanya untuk mencegah dan mengatasi gejalanya. Karena penggunaan obat-obatan yang tanpa dibarengi dengan modifikasi gaya hidup, tidak akan bermakna untuk mencegah timbulnya gejala.

Apabila ada keluhan nyeri, biasanya Dokter akan memberikan anti nyeri yang diberikan dengan cara dimasukkan ke dalam anus, atau menggunakan krim anti nyeri serta obat minum. Hanya jika dengan perubahan gaya hidup, wasir tetap menimbulkan rangkaian gejala, maka tindakan operasi terpaksa harus dilakukan.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Bedah, karena tata laksana wasir hanya dapat diberikan apabila derajat keparahan telah diketahui melalui pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai.

Demikian penjalasan yang dapat kami sampaikan seputar wasir. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar