Sukses

lemas dan perut terasa keras

21 Jun 2020, 12:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, mau tanya.. bapak saya setahun yg lalu mendapat serangan jantung dan sampai sekarang rutin kontrol sebulan sekali. 5 tahun lalu juga pernah sakit liver. Belakangan ini selalu merasa lemas dan perut terasa keras. Kemarin periksa ke rumah sakit, kondisi jantung baik baik saja dan livernya pun tidak apa-apa. Kira-kira itu sakit atau gejala apa ya dok. Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.  

Sakit liver apa yang dimaksud? Bagaimana pencernaan Ayah Anda? Bagaimana BAB nya? Adakah keluhan seperti mual, muntah, kuning, dsb?  

Secara normal, perut teraba lemas dan lunak. Ada beberapa kondisi yang dapat membuat perut teraba keras, diantaranya adalah:

1. Perut kembung (distensi)

2. Infeksi pada rongga perut 

3. Adanya massa di dalam perut seperti tumor

4. Adanya penyakit pada hati seperti sirosis hati atau adanya pembesaran pada limpa

5. Hamil dan masalah pada kehamilan

6. Keram pada otot perut (misalnya setelah berolaraga)

Nah, masing-masing penyebab memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kami menyarankan anda untuk memeriksakan Ayah Anda ke dokter spesialis Penyakit Dalam bila keluhan ini masih menganggu. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

8 Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lelah 

Proses Penyembuhan Pasca Serangan Jantung

7 Makanan Penyebab Perut Kembung

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar