Sukses

pusing, sampai leher dan sakit mata

21 Jun 2020, 12:28 WIB
Wanita, 28 tahun.

Perut mual dan kepala pusing, kadang sampai ke leher dan mata sakit .kenapa yah dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah keluhan Anda pusing berputar/goyang atau sakit kepala (karena keduanya berbeda)? jika memang sakit kepala, apakah nyerinya di seluruh bagian kepala dan seperti diikat atau hanya sebelah dan berdenyut? Apakah setiap sakit kepala selalu disertai rasa mual, apakah sampai muntah? Adakah keluhan lain seperti demam, nyeri tengkuk, kaku leher, kesemutan, kelemahan satu sisi tubuh, gangguan pendengaran/penglihatan, penurunan berat badan, telinga berdenging? Apakah intensitas nyeri dirasakan semakin berat? Apakah ada pencetusnya?

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Selain saat terkena sinar matahari, apakah ada faktor pencetus lain? Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Nyeri kepala sebelah yang berat disertai dengan gangguan pada mata sebelah (unilateral) dapat terjadi pada cluster headache. Mungkin jenis sakit kepala inilah yang Anda alami. Sakit kepala ini berbeda dengan migraine yang dikenal pada umumnya. Ciri-ciri nyeri kepala kluster adalah nyeri kepala berat atau sangat berat pada daerah orbital (sekitar mata) atau temporal (pelipis), yang hilang dalam 15-180 menit, jika tidak diobati, dan serangan sakit kepala dapat mencapai 16 kali dalam 48 jam. Keluhan sakit kepala disertai oleh salah satu dari tanda otonom berikut: ptosis (kelopak mata menurun), miosis (pupil mengecil), injeksi konjungtiva (mata merah), lakrimasi (air mata menetes), pilek, dan wajah kemerahan, bengkak, atau berkeringat. Kesemua keluhan tersebut muncul pada satu sisi.

Nyeri ini dikarenakan oleh pelebaran (vasodilatasi) pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal. Penyebab pastinya tidak diketahui. Nyeri ini dikatakan berhubungan dengan faktor genetik (keturunan) dan berhubungan pada perokok aktif.

Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis saraf untuk menentukan penyebab pasti sakit kepala Anda. Bila diperlukan, akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI kepala. Bila diagnosis sudah pasti, maka dapat ditentukan penanganan yang tepat sesuai dengan tipe sakit kepala nya.

Kenali 6 Penyebab Sakit Kepala Anda

Apa Bedanya Sakit Kepala Biasa dengan Vertigo?

Sakit Kepala Menyerang, Hadapi dengan 7 Cara ini

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar