Sukses

Sakit kepala atau pusing berputar?

21 Jun 2020, 12:27 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dok, sdh 3 hari ini kepala saya terasa sakit terus keliyingan gitu seperti mutar2. Trus jalan juga kayak orang sempoyongan. Itu knpa ya dok? Apakah vertigo, kurang darah atau darah tinggi? terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Apakah sakit atau pusing? Apabila sakit dimana letak persis nyerinya? Nyerinya seperti apa, apakah berdenyut atau seperti ditekan? Apabila pusing yang dimaksud, apakah sensasi berputar atau seperti mau jatuh? Apakah ada keluhan lain seperti mual, sensitif cahaya, mata berair, telinga berdenging dan sebagainya?

Secara garis besar sakit kepala dapat dibagi menjadi sakit kepala primer (fungsional) dan sekunder (organik). Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Biasanya sakit kepala jenis ini dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, stres, dll. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak biasanya memiliki ciri sakit kepala yang semakin lama semakin berat intensitasnya dibandingkan sakit kepala sebelumnya, biasanya juga disertai dengan gangguan neurologis (saraf), misalnya gangguan penglihatan, kelemahan tubuh sesisi, dll.

Beberapa tipe sakit kepala primer adalah:

1. Sakit kepala tipe tegang (tension-type headache). Sakit kepala ini memiliki karakteristik kepala seperti diikat dimulai dari dahi hingga ke belakang leher. Penyebab tersering adalah menahan posisi kepala pada satu posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama sehingga membuat kekakuan otot leher, misalnya duduk lama di depan komputer. Biasanya tipe sakit kepala ini tidak berbahaya dan dapat disembuhkan dengan obat seperti analgesik ataupun massage (dipijat).

2. Sakit kepala tipe migraine. Sakit kepala ini memiliki karakteristik sakit kepala sebelah yang berdenyut dan bisa diawali oleh gejala-gejala seperti adanya kilatan cahaya, bising, mual, muntah, atau pandangan kabur. Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu.

3. Sakit kepala tipe cluster. Sakit kepala ini memiliki karakteristik sakit di sekitar bola mata. Biasanya berlangsung singkat, namun sakit kepala sangat hebat. Sakit kepala cluster biasanya terjadi secara episodik hingga 12 minggu. Kemudian berulang kembali pada episode berikutnya.

Jika keluhan pusing berputar kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  • Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  • Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani.

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab keluhan Anda. Kami sangat menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi lebih lanjut sehingga dapat ditegakkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Jika diperlukan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti CT Scan agar diketahui penyebabnya secara menyeluruh. 

Ini Bahayanya Jika Terus-menerus Sakit Kepala

Jangan Abaikan Sakit Kepala Terus-menerus

Kenali Penyebab Kepala Terasa Berputar

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar