Sukses

Pusing saat Bangun dari Duduk atau Tidur

19 Jun 2020, 22:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dok, saya rasa saya terkena darah rendah juga, setiap saya bangun habis duduk atau tidur rasanya pandangan kabur dan pusing. Tapi akhir2 ini saya susah tidur. Bahkan 1 hari cuma tidur 3 jam. Padahal mata saya sudah ngantuk berat, tapi saya coba bawa tidur tetap tidak terlelap. Kadang tubuh saya rasanya berat, dada saya sesak, seperti ada yang berjalan di kepala saya. Apa itu bener darah rendah dok? Apa ada hubungannya sama susah tidur saya ya dok? Makasih dok.

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Rasa pusing, mata berkunang-kunang, pandangan gelap, seperti melayang setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik yaitu tekanan darah rendah yang disebabkan oleh posisi. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, memang perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin.

Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Jika keluhan dirasa sangat mengganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebab sehingga dapat diberikan terapi yang optimal.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar