Sukses

Bekas Jerawat Akibat Penggunaan Bawang Putih Sebagai Obat

19 Jun 2020, 22:54 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam dok. Saya mau bertanya, singkat cerita 8 bulan yang lalu saya punya jerawat di jidat, jerawatnya itu keras dan sakit. Trus saya waktu itu nyari solusi biar cepet sembuh, nah waktu itu saya liat" diyoutube dan saya menemukan cara yaitu pakai bawang putih. Trus saya langsung mempraktekkan , bawang putih diparut lalu di taruh di jerawatnya, kemudian ga sengaja sayang ketiduran. Bangun" udah melepuh kaya kena minyak panas. Trus pas udah kering itu membekas, warna nya putih. Dan sampai sekarang belum hilang kira" sudah 8 bulan, itu kira" saya harus melakukan apa dok? Dan obat apa yang harus saya gunakan?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

keluhan anda adalah kulit wajah seperti terkena luka bakar akibat pemakaian masker bawang putih. Keluhan teman Anda bisa mengarah kepada diagnosa dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar.

Segera periksakan ke dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan fisik dan tatalaksana yang sesuai. Umumnya obat yang diberikan merupakan obat yang memiliki kandungan mometasoen furoate, yang merupakan golongan kortikosteroid yang memang digunakan untuk penanganan utama penyakit dermatitis. Penanganan bekas luka bisa diatasi jika saat ini dermatitis teman Anda sudah tertangani, oleh karena itu tetap gunakan obat yang sudah diberikan oleh dokter Anda.

Gejala dermatitis kontak ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar