Sukses

Konsumsi Pil KB Setelah Melahirkan

19 Jun 2020, 22:53 WIB
Wanita, 28 tahun.

Saya baru melahirkan 4bulan yang lalu, sekarang mau mngkonsumsi pil kb laktasi namun belum haid, namun sya negatif hamil,apakah tidak apa2 mengkonsumsi pil saat belum haid semenjak melahirkn?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kesempatan tinggi untuk terjadinya kehamilan adalah diwaktu subur, yaitu 14 hari sebelum haid bulan berikutnya, ditambahkan 5 hari kedepan, dan 1 hari kebelaknagnya. Padaa saat ini kesempatan sperma untuk bertemu dengan sel telur sangatlah besar sehingga dapat terjadi pembuahan, dan terjadilah proses kehamilan. Apakah Anda berhubungan diwaktu subur? Jika ya, tidak disarankan untuk mengkonsumsi pil kontrasepsi.

Terdapat dua jenis kontrasepsi pil, yaitu pil kominasi dan mini pil (pil progestin). Untuk penggunaan pil kombinasi, walaupun bisa sebagai kontrasepsi darurat, sebaiknya diyakinkan dahulu bahwa Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Waktu mulai sebaiknya pada hari pertama sampai hari ke 7 siklus Haid. Boleh menggunakan pada hari ke 8, tetapi perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lain (kondom) mulai hari ke 8 hingga hari ke 14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai Anda telah menghabiskan paket pil tersebut.

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

Sedangkan jika yang Anda maksud adalah kontrasepsi darurat (kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah berhubungan seksual), hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontraspsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan jika mengalami tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, dan tanda lainnya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar