Sukses

Alergi Lensa Kontak

16 Jun 2020, 22:27 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok Apakah mata merah karena alergi soflens membuat bagian putih muncul urat halus berwarna merah? Apakah itu normal? Kira-kira berapa lama penyembuhannya untuk kasus alergi mata akibat soflens? Makanan apa yang bisa membantu penyembuhan? Terima kasih

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Pemakaian softlens dapat membuat mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. Kemungkinan kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh mata yang cepat kering (dapat karena lama berada di ruangan ber-AC) sehingga mata menjadi perih dan merah.

Kami sarankan untuk meneteskan cairan pelembab khusus untuk softlens secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Namun jika mata merah dan perih tersebut disertai dengan penglihatan yang kabur dan banyak terdapat kotoran mata, kemungkinan bisa juga diakibatkan oleh infeksi. Hal tersebut dapat disebabkan karena penanganan softlens yang kurang bersih, atau terlalu lama memakai softlens dalam sehari. Jika keluhan semakin berat, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter mata. makanan bergizi lengkap seimbang saja sudah cukup untuk membantu penyembuhan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar