Sukses

Perubahan BAB Anak Habis Ganti Susu

16 Jun 2020, 22:26 WIB
Pria, 0 tahun.

Anak saaya habis miinum susu bmt premium, setelah habis saya ganti dengan bmt yang reguler, terjadi bintik2 merah,fases kuning campur hijau tua agak ke abu2an, apakah anak saya alergi susu bmt?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Karakteristik BAB bayi yang minum susu formula saja yaitu berwarna kuning kecoklatan, dengan tekstur yang lebih padat daripada BAB bayi ASI. BAB cenderung kental dan menempel di popok. Selain itu, BAB bayi yang minum susu formula juga cenderung lebih berbau asam dibandingkan bayi ASI. Frekuensinya juga lebih jarang. 

-BAB bayi yang normal:

-Warna dapat berubah-ubah, kuning, kehijauan, atau coklat.

Kadang-kadang bayi tidak BAB sama sekali selama 1-2 hari, bahkan 1 minggu. Tidak perlu cemas selama bayi masih mau minum dan berat badan bertambah.BAB bayi yang tidak normal (dan sebaiknya Anda konsultasi ke dokter anak Anda):

-BAB disertai lendir, air, atau darah, yang dapat merupakan tanda alergi atau infeksi.

-BAB yang terlalu keras, tanda konstipasi pada bayi.

Selama berat bayi Anda terus bertambah dan perkembangannya baik, tidak ada yang perlu dicemaskan. Namun, ada baiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk memastikan apakah susu formula yang digunakan sudah cocok atau belum. Bila akan mengganti merk susu formula sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar