Sukses

Nyeri Pinggang Setelah Melahirkan

20 Jun 2020, 17:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat pagi dok. Saya mau tanya. Saya baru melewati persalinan 37 hari ini. Yang saya rasakan sampai saat ini adalah pinggang yang masih sakit sejak hamil 9 bulan, sehingga sangat terbatas untuk melakukan aktivitas terutama untuk mengambil atau mengangkat sesuatu. Dan beberapa hari ini saya kalau pagi menjelang siang rasanya dingin dan merinding. Padahal hari sedang cerah. Itu kenapa ya dok? Dan bagaimana penyembuhnnya? TrimakasihūüôŹ

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan pernyataan Anda, nyeri pinggang setelah melahirkan memang sering dialami oleh wanita. Tidak sedikit juga yang mulai merasakannya saat hamil 9 bulan. Karena, di saat kehamilan 9 bulan, bayi di perut sedikit demi sedikit sudah mulai turun ke dalam panggul untuk dilahirkan. Hal tersebut membuat terjadinya penekanan pada bagian pinggang ke bawah sehingga menimbulkan nyeri. 

Setelah melahirkan pun kegiatan mengangkat dan menggendong bayi akan semakin sering, ditambah lagi pekerjaan ibu rumah tangga, dan juga faktor stress karena kelelahan dapat membuat nyeri pinggang akan terus dialami. Berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pinggang:

- Lakukan peregangan selama 10 menit setiap hari akan mengembalikan fleksibilitas pinggul dan punggung. Untuk Anda yang menjalani proses cesar hendaknya menunggu 6 minggu dengan persetujuan dokter sebelum mulai berolahraga.

- Cobalah mengembalikan berat badan semula dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan.Sakit tulang belakang biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan. Oleh karena itu, menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara untuk memulihkan diri.

- Saat hendak mengangkat bayi, usahakan untuk meluruskan lengan, lalu dekatkan bayi ke dada Anda. Hindari melengkungkan tubuh Anda.

- Saat akan mengangkat bayi Anda dari lantai, jangan langsung membungkukkan badan. Namun, berjongkoklah, kencangkan otot perut, lalu angkat dengan tungkai Anda.

- Pertimbangkan untuk menggunakan gendongan bayi di depan pada saat berjalan.

- Untuk menghindari nyeri punggung atas karena menyusui, dekatkan bayi pada dada anda. Jangan membungkuk. Anda lebih baik menyusui dengan duduk di kursi tegak daripada sofa yang empuk.

Jika dengan cara-cara di atas keluhan Anda tidak membaik, saya sarankan untuk memeriksakannya ke dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar