Sukses

Benjolan di belakang lutut

20 Jun 2020, 08:16 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat malam, saya mau bertanya 2 minggu ini saya baru menyadari ada benjolan di belakang lutut anak perempuan saya yang berusia 5 tahun, besarnya sekitar 1 cm. Ketika dipegang tidak sakit, namun jika ditekan anak saya bilang sedikit sakit. Yang saya tanyakan : 1. Itu benjolan apa ya dokter? 2. Apakah benjolan itu berbahaya? 3. Bagaimana pengobatannya? Terimakasih, semoga dokter berkenan menjawab.

Halo Ibu,

Saya mengerti keluhan yang Ibu sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Ibu.

Sulit untuk menentukan diagnosis terhadap keluhan benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung ataupun pemeriksaan penunjang. Keluhan Anda adalah benjolan pada daerah belakang lutut. Kami perlu mengetahui sifat dari benjolan tersebut, apakah kenyal, mudah digerakkan, ukurannya, apakah sewarna kulit, apakah terasa nyeri, dsb. Untuk benjolan di belakang lutut sering disebabkan oleh kista baker. 

Kista Baker adalah benjolan kista di daerah lutut yang merupakan pembengkakan jinak pada bantalan persendian lutut. Pembengkakan ini terjadi karena cairan sendi lutut yang diproduksi terdorong keluar oleh desakan tulang dan persendian lutut sehingga membentuk kantung yang berisi cairan. Biasanya kista ini terletak di bagian belakang lutut. Hal ini biasanya dipicu dari kejadian radang sendi (artritis) dan memang sering terjadi pada mereka yang sering menggunakan lututnya (atlet).

Namun, untuk memastikan diagnosis ini diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI. Bila memang Kista Baker maka terdapat beberapa pilihan penanganan seperti aspirasi (pengambilan) cairan, pemberian suntikan anti radang (kortikosteroid) dan tindakan lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Saat ini sebaiknya Anda mengunjungi dokter ahli bedah untuk pemeriksaan lebih lanjut dan untuk memperoleh penanganan yang optimal, sebab bisa saja disebabkan oleh hal lain. Anda juga dapat melakukan tips berikut untuk anak Anda:

1. Istirahatkan lutut. Jangan melakukan kegiatan fisik berlebihan. Bila perlu gunakan tongkat penyangga untuk membantu Anda berjalan agar lutut Anda dapat beristirahat.

2. Gunakan es untuk mengompres bagian yang nyeri atau Anda dapat menggunakan bebat untuk mengkompresi lutut.

3. Letakkan kaki Anda dalam posisi elevasi (dinaikkan lebih tinggi), terutama pada malam hari.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:

Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-

App Store : https://app.adjust.com/n01yug7

Semoga sehat selalu

0 Komentar

Belum ada komentar