Sukses

Mengatasi Sakit Gigi Setelah Tambal Gigi

19 Jun 2020, 12:10 WIB
Wanita, 17 tahun.

Sore dok, saya mau tanya gigi geraham sy yg sblh kanan sdh berlubang smpe kelenjar getah bening sy bengkak trs sy ditambal pas hari kamis stlh itu gigi sy mlh sakit sekali dan KGB yg bengkak mlh jd besar,cara Ngatasinnya gmn y dok? Trimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi sakit gigi setelah tambal gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit tentang keluhan yang anda alami. Rasa sakit yang timbul setelah menambal gigi bisa disebabkan oleh 2 hal;

1. Gigi berlubang yang sudah dalam bila ditambal dengan tambal sinar, saat awal bisa terjadi rasa ngilu akibat aplikasi etsa yang bersifat asam saat proses penambalan, namun normalnya rasa ngilu akan hilang dalam beberapa hari. Bila sudah 1 minggu rasa ngilu tidak hilang, maka harus lakukan pemeriksaan rontgen pada gigi tersebut. 

2. Bila gigi anda yang berlubang sudah sangat dalam dan sudah lama dibiarkan terbuka lalu ditambal, dan setelah ditambal sakit maka kemungkinan bakteri sudah masuk ke dalam kamar pulpa (ruang yang berisi saraf, pembuluh darah dan pembuluh limfe). Bakteri yang sudah masuk ke kamar pulpa memproduksi gas dan karena gigi sudah ditutup dengan tambalan maka gas tidak bisa keluar sehingga menyebabkan rasa sakit pada gigi.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, bahwa kondisi gigi berlubang anda sudah mencapai saraf dan terjadi cukup lama tidak dilakukan perawatan, karena sampai menyebabkan kelenjar getah bening bengkak. Untuk kasus seperti ini jika langsung dilakukan penambalan maka bisa membuat gigi menjadi sakit, jadi sebaiknya anda kembali ke dokter gigi anda dan minta tolong tambalan gigi dibuka lagi, lalu hanya di tutup kapas saja lalu minta obat anti nyeri untuk meringankan sakitnya. Jika sudah tidak sakit, 1 minggu kemudian perawatan gigi bisa dimulai perawatan saraf gigi sampai selesai.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Gusi Bengkak Setelah Tambal Gigi, Ini Penyebabnya

Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Perawatan Gigi Harus Datang Berulang-ulang?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengatasi sakit gigi setelah tambal gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar