Sukses

Kemungkinan Hamil saat Minum Obat

16 Jun 2020, 22:11 WIB
Wanita, 26 tahun.

Salam dok Saya wanita yang sudah menikah, 3 bulan pernikahan saya hamil namun sayangnya BO dan akhirnya saya kuret. 3 minggu pasca kuret saya haid seperti biasanya normal 7 hari. FYI, sebelum hamil BO siklus mens saya teratur 26 hari. setelah haid perdana pasca kuret hingga saat ini saya tidak mendapatkatkan haid, bisa dibilang saya sudah telat -+ 18 hari tapi hasil TP negatif. Setelah konsul ke dokter kandungan, hasil usg transvaginal tidak mengindikasikan apapun, hanya terlihat indung telur yang membesar dan dinding rahim yang menebal. Oleh dokter saya diberikan primolut dg dosis 1x sehari selama 10 hari. Pertanyaannya, selain kemungkinan saya bisa haid pasca mengkonsumsi obat, apakah ada kemungkinan lain saya hamil?? Terima kasih sebelumnya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Kami turut prihatin dan memahami kondisi yang Anda alami. Umumnya setelah satu minggu dari kuretase, darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan mental untuk hamil lagi. Anda tetap boleh berhubungan namun gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar