Sukses

Memastikan Terkena Covid-19 atau Tidak

19 Jun 2020, 11:14 WIB
Pria, 38 tahun.

alodokter, perut dan tenggorokan sy terasa sangat panas dan suhu badan sy 37 derajat.. sy sngt hawatir jangan2 sy terkena covid19.. mohon penjelasannya ya dokter. trima kasih

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Virus corona atau COVID-19 ini menular dengan sangat cepat terhadap sesama manusia. Gejala yang ditimbulkan pun hampir sama dengan gejala batuk dan flu pada umumnya. Selain itu, orang yang terinfeksi bisa juga tidak menimbulkan gejala. Gejala virus corona, yaitu:

- Batuk kering

- Bersin

- Hidung meler

- Sakit tenggorokan

- Demam tinggi

- Sesak napas

 Untuk memastikan apakah terkena Covid-19 atau tidak, perlu dilakuan pemeriksaan lebih lanjut misalnya rapid test atau swab/PCR. Rapid test nantinya akan berfokus pada deteksi antibodi di dalam tubuh terhadap virus, pemeriksaannya darah. Sedangkan Swab PCR pemeriksaan lendir di area hidung dang tenggorokan yang digunakan untuk mendiagnosa Covid 19. 

Hasil pemeriksaan rapid tes yang positif belum tentu menderita covid 19, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan swab setelahnya. Sedangkan pemeriksaan rapid tes yang negatif perlu diulang lagi 10 hari kemudian. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar