Sukses

Sembelit saat Hamil

19 Jun 2020, 11:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Slmt mlm saya ibu dari 2 anak,jarak kehamilan 1thn. Skrg sy sdang hmil anak ke 3 usia kandungan 7 bulan, dari usia khmilan 3 bulan saya selalu mengalami susah bab. Saya memiliki kebiasaan memasukan jari ke vagina sampai dalam,dan sampai mengeluarkan lumayan banyak darah segar (hanya saat memasukan jari ke vagina) Saat usia kehamilan saya 4 bulan saya juga mengalami hal yang sama saya usg tapi alhamdulilah baby nya baik" saja, saya hentikan kebiaasan seperti itu saat bab. Tapi kemaren (usia kehamilan 7 bulan) saya melakukan lagi kebiasaan bab memasukan jari ke vagina,lalu kembali mengeluarkan darah segar yang lumayan banyak. Tapi baby masih aktif di dalam perut, apa darah yang keluar mempengaruhi janin?

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

 Saya sarankan melakukan cara lain untuk mengatasi keluhan sembelit anda.

Kehamilan memang sering disertai masalah pencernaan seperti konstipasi/sembelit (hambatan pengeluaran dari sisa-sisa makanan yang berkaitan dengan kesulitan BAB akibat tinja yang keras disertai dengan nyeri pada perut.), heart burn (sensasi rasa panas atau rasa tidak nyaman yang dirasakan dibalik tulang dada atau tenggorokan atau keduanya), kembung, bersendawa, dan buang gas.

Hal ini berkaitan dengan peningkatan hormon progesterone yang merelaksasikan otot polos di seluruh tubuh, termasuk saluran cerna. Ini mengakibatkan makanan akan melewati usus dengan lambat. Selain itu saat ukuran rahim semakin besar, rahim menekan rektum (bagian usus paling bawah tempat sisa makanan dikumpulkan). Beberapa penelitian mengatakan, asupan zat besi dalam jumlah yang banyak dapat memperburuk sembelit.

 Usahakan mengatur pola makan anda agar lebih banyak konsumsi serat. Hal ini bisa anda dapatkan dengan lebih banyak konsumsi sayur dan buah. Targetkan untuk memakan lima porsi buah atau sayur setiap harinya. Selain itu, perbanyak minum air untuk membantu BAB menjadi tidak keras.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar