Sukses

benjolan dan nyeri bawah telinga belakang

16 Jun 2020, 09:45 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter, saya memiliki keluhan sakit dibagian bawah telinga bagian belakang. Seperti ada benjolan sedikit. Awal mula benjolan ini karena saya abis niup recorder hingga telinga sy berdenging. Namun saya biarkan. Kemudian keesokan harinya sy merasa kesakitan dibawah telinga tsb. Saat sy pegang seperti ada benjol. Mohon informasinya.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Sebelumnya kami perlu menanyakan beberapa informasi terkait keluhan Anda. Berapa ukuran benjolan tersebut? Apakah tepinya rata? Apakah benjolan tersebut padat atau lunak? Apakah berisi air, nanah atau darah? Apakah disertai keluhan lain seperti demam? Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?

Benjolan yang terdapat pada belakang telinga dapat mengarah ke berbagai kemungkinan seperti abses, kista, penyumbatan pori-pori, infeksi, tumor ataupun pembesaran kelenjar getah bening.

Sayangnya kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti dan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan karena kurangnya data seperti di atas dan keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Karena untuk mendiagnosis benjolan diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll. Benjolan tersebut juga perlu diidentifikasi melalui pemeriksaan langsung dan mungkin juga pemeriksaan penunjang.

Oleh karena itu kami sarankan Anda konsultasi ke dokter karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Bisul di Cuping Telinga Bisa Picu Gangguan Pendengaran? 

9 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Kesehatan Telinga

Waspada 7 Bahaya Telinga Berdenging

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar