Sukses

kaki mati rasa serta betis dan jari kaki nyeri pada dm

16 Jun 2020, 09:45 WIB
Pria, 54 tahun.

saya punya riwayat sakit gula yang saya tanyakan kenapa ke dua kaki saya mati rasa dan sering nyeri di jari jari kaki dan dibagian betis kalau di pijat sakit sekali

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Mungkin yang harus dilihat sekarang adalah apakah kadar gula darah Anda terkendali dengan baik? Terkendali dengan baik berarti kadar gula darah sewaktu sebaiknya di bawah 200 mg/dl. Kadar gula darah yang tidak terkendali dapat berkomplikasi ke berbagai organ, dari jantung, ginjal, mata, saraf, dan organ lain.

Nyeri pada ujung-ujung jari kaki dapat berkaitan dengan diabetes yang Anda derita atau mungkin saja tidak berkaitan. Komplikasi diabetes diantaranya adalah neuropati atau gangguan pada saraf perifer yang menyebabkan mati rasa atau kesemutan pada daerah ekstremitas perifer, seperti jari-jari tangan dan kaki.

Penyebab lain dapat bervariasi, dari gangguan saraf, gangguan asam urat, sampai gangguan aliran darah. Apabila keluhan berlanjut kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter untuk evaluasi secara holistik. Terapi akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Jangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya

6 Komplikasi Paling Berbahaya Akibat Diabetes

Panduan Makan bagi Diabetesi agar Gula Darah Tetap Stabil

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

1 Komentar