Sukses

Berbagai Keluhan

18 Jun 2020, 18:14 WIB
Pria, 41 tahun.

Dok.saya sering merasa sakit pada perut kiri bawah,merasa penuh dgn angin,sebah hingga membuat sendawa dan seperti ditusuk2...itu knapa ya.dok?apakah masuk angin biasa atau apa ya? Dan saya di diagnosa diabetes.dok...diabetes itu apa ya yg diserang?saya kok tidak merasa sakit ya? Bila insulin tidak digunakan apa efeknya?apa beda diabet tipe 1 dan 2.dok?mohon infonya..makasih

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

 1. Nyeri Perut Kiri Bawah

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun saluran kemih. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah.

2. Kembung

Rasa penuh/sebah/begah pada perut atau perut kembung terjadi karena terlalu banyak gas menumpuk di dalam saluran pencernaan.

Penyebabnya antara lain:

  • Menelan udara. Jika udara yang ditelan tidak disendawakan, udara ini akan melalui saluran pencernaan, dan dikeluarkan melalui anus sebagai flatus (kentut). Menelan udara berlebihan dapat menyebabkan cegukan.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, seperti biji-bijian, brokoli, minuman bersoda, dan bir. 
  • Konstipasi dapat menyebabkan kembung namun tidak meningkatkan jumlah gas dalam saluran cerna.
  • Efek samping obat atau suplemen seperti obat antinyeri golongan narkotik, vitamin, suplemen besi dan obat-obatan untuk mengatasi konstipasi.
  • Kegemukan

Selain hal-hal di atas, banyak gas dan kembung dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti radang lambung (gastritis), obstruksi usus (sumbatan usus), gangguan hati, penyakit kandung empedu, atau kanker.

3. Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit metabolik yang umumnya ditandai kadar gula darah yang tinggi. Sangat wajar jika anda tidak merasa sakit, karena pada kebanyakan kasus tidak ada keluhan apapun pada penderita diabetes. Seringkali kondisi ini baru diketahui saat sudah terjadi komplikasi.

Salah satu problem utama pada diabetes berkaitan dengan insulin, yaitu hormon yang bertugas menyimpan gula dari darah ke dalam sel. Pada diabetes tipe 1, insulin yang dihasilkan tidak cukup untuk kebutuhan tubuh. Sementara pada diabetes tipe 2, insulin yang dihasilkan cukup namun kerjanya tidak efektif. Akibatnya, kadar gula darah tinggi.

Jika anda diresepkan insulin dan tidak menggunakannya, maka efeknya kadar gula darah anda akan tinggi. Hal ini dapat menimbulkan munculnya berbagai komplikasi diabetes.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar