Sukses

Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

16 Jun 2020, 18:47 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya hamil 23w3d. Perut saya tidak sakit atau kencang dok. Malahan perut saya lunak seperti tidak hamil. Saya merasakan gerakan/tendangan janin sekali2 dok. Normal atau gimana ya dok kondisi perut saya. Berat badan juga tidak banyak naik. Dari awal hamil sampai 23 minggu ini hanya naik 3 kg.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pada usia kehamilan 23 minggu memang perut ibu hamil tidak mengalami sakit, nyeri ataupun terasa kencang. Yang Anda rasakan adalah normal. Jika Anda merasakan nyeri perut dan terasa kencang saat hamil 23 minggu justru itu adalah hal yang tidak normal dan harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter kandungan.

Lalu, kenaikan berat badan saat hamil juga bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Anjuran kenaikan berat badan dilihat berdasarkan kondisi status gizi wanita tersebut sebelum hamil.

- Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan kurang ( IMT < 18.5 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 12.5-18 kg

- Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan normal ( IMT 18.5 kg/m2-24.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 11.5-16 kg

- Apabila sebelum hamil memilki status berat badan berlebih (IMT 25 kg/m2-29.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 7-11.5 kg

- Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan sangat berlebih (IMT >30 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 5-9 kg.

Jadi bagaimana status gizi Anda sebelum hamil, apakah normal, kurang, atau berlebih? Anda bisa mencocokkannya dengan anjuran kenaikan berat badan di atas.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar