Sukses

Kaki Bengkak

16 Jun 2020, 18:36 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok kaki saya bengkak, mungkin karna ac di kantor saya terlalu dingin dan kaki saya langsung kena kipas angin saat tidur

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, sejak kapan kaki Anda bengkak? Apakah kedua kaki bengkak atau salah satu? apakah disertai nyeri, demam, dan kemerahan? apakah Anda mengalami cedera sebelumnya? apakah ada riwayat penyakit jantung, hati, atau ginjal?

Kaki bengkak atau edema bisa disebabkan berbagai hal. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

- Gagal jantung

Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, atau adanya kadar lemak yang tinggi. Penyandang gagal jantung akan mengeluhkan adanya sesak nafas, cepat lelah dan kaki bengkak.

- Kelainan ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika ginjal mengalami gangguan, maka cairan tubuh juga akan mengalami gangguan. Salah satu penyebab keluhan bengkak adalah sindrom nefrotik. Pada keadaan ini, pasien akan mengeluarkan protein dalam jumlah banyak melalui urinnya. Protein tubuh akan berkurang dan menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah.

- Sirosis hati

Sirosis hati adalah istilah yang menggambarkan adanya pengerasan hati. Pada keadaan sirosis hati, komposisi hati berubah dan menjadi lebih banyak jaringan ikat. Keadaan ini menyebabkan hati tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Salah satu tanda yang menyertai keadaan sirosis hati adalah berkumpulnya cairan pada rongga perut, atau disebut asites. Pasien akan mengeluh perut terasa membesar dan tegang. Pada keadaan lebih lanjut, rembesan cairan akan menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti kaki.

Selain penyakit diatas, masih ada berbagai kemungkinan penyebab edema di kaki yang lain. Karena itu, pembengkakan kaki perlu diperiksa lebih lanjut untuk menentukan penyebab yang tepat dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam, sehingga penanganan yang diberikan juga lebih optimal.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar