Sukses

Menghilangkan Bekas Luka, Ini Pilihan Caranya

16 Jun 2020, 15:59 WIB
Wanita, 15 tahun.

Penghilang bekas luka sayatan pake salep apa?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid). Luka yang menghitam sebagian besar dapat menghilang dengan sendirinya. 

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat).

Pada bekas luka yang meninggalkan bercak putih, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser untuk merangsang pembentukan pigmen. Untuk itu sebaiknya anda memeriksakan diri langsung kepada dokter spesialis Kulit agar mendapatkan penangaan yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar