Sukses

Pipi Bengkak

16 Jun 2020, 11:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamu'alaikum Dok. Adik saya sejak kecil udah sakit jantung namun taunya pas umur 9 tahun dan sekarang umur 14 tahun, dia kan minum obat terus obatnya namanya Propanolol ama Slidenafil setiap hari . Tapi kenapa ya pipinya itu agak gemuk atau tembem pahadal dia gak gemuk dan berat badan susah naik dok. Mohon minta pendapatnya dok? Terimakasih. Wassalamu'alaikum

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Waalaikumsalam,

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penyakit jantung kongenital atau penyakit jantung bawaan adalah gangguan atau kelainan organ jantung saat lahir akibat akibat gangguan pembentukan dan perkembangan jantung. Meskipun sudah didapat sejak lahir, gejalanya memang bisa timbul dalam beberapa minggu, bulan, bahkan setelah dewasa. 

Pembesaran atau bengkak pada pipi bisa disebabkan karena adanya masalah pada katup jantung. Selain pipi, bagian lain seperti perut dan kaki juga bisa terjadi pembengkakan. 

Untuk mengetahui pasti penyebab bengkak tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter jantung anak yang menangani adik Anda agar dilakukan evaluasi lebih lanjut lagi. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar