Sukses

Nyeri Pada Lengan Atas

16 Jun 2020, 10:26 WIB
Wanita, 60 tahun.

Suami saya sakit stroke, jantung koroner, lemah jantung dan diabetes. Sdh bisa jalan walau kaji kiri agak nyeret. Tangan kirinya blm berfungsi sementara lengan tangan kanan atasnya nyeri kl dipkai bawa tongkat. Apkh ada hubungannya dgn obat rutin diminum? Obat apa yg harus diminum?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan.

Pada penderita diabetes, komplikasi yang bisa timbul memang beragam, seperti penyakit jantung, stroke, gangguan pada mata, saraf, ginjal,dll. 

Pada stroke sendiri, masalah pada anggota gerak memang biasa terjadi. Jadi bukan disebabkan karena obat rutin yang diminum. Selain itu, karena suami Anda memiliki diabetes, mungkin juga terkena neuropati diabetik, yaitu gangguan saraf pada penderita diabetes yang menyebabkan kesemutan, nyeri, atau mati rasa. Bisa juga terjadi akibat tumpuan badan yang terus-menerus pada tangan kanan saat menggunakan tongkat.

Untuk mengatasi nyerinya, Anda dapat memberikan obat anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Tapi sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter penyakit dalam suami Anda mengingat ada obat lain yang harus rutin dikonsumsi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Suami Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar