Sukses

Batuk Lama Pada Anak

16 Jun 2020, 09:50 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, anak saya usia 9 bulan,,, dia skrg batuk sudah lebih dari satu bulan, sudah saya priksakan dan hanya diberi obat penurun demam dan antibiotik,, tapi tidak kunjung sembuh,,, batuknya kering, hidung mbeler namun tidak demam,, batuk hanya dipagi hari saat bngun tidur sampai jam 8 pagi dan sore skitar jam 6 pagi sampai dia tidur,,, saya memiliki alergi hawa dingin, saya batuk di pagi hari, namun saat sudah berjemur dibawah matahari, batuk mereda dan hilang,, apakah bayi saya juga kemungkinan mewarisi alergi saya? Dia setiap malam batuk sebelum akhirnya tidur,, tetapi saat sudah tidur dia berkeringat bnyak,,,

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan besar batuk dan hidung meler pada anak Anda disebabkan karena alergi cuaca. Gejala alergi memang bisa mirip dengan gejala batuk dan pilek. Sehingga orang tua biasanya kesulitan membedakan dua hal tersebut. Jika Anda mengetahui pemicunya dan memiliki riwayat alergi sebaiknya hindari pemicu. Untuk batuk karena alergi pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari pemicu.

Selain alergi, peyebab batuk kronis yang mungkin anak Anda alami adalah:

- Asma

- Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

- GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung.

- Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Untuk lebih pasti, sabaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter Anak untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut terhadap batuk lama anak Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar