Sukses

Perdarahan Saat Hamil Tua

16 Jun 2020, 09:50 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya hamil 9 bulan dok. Pagi in tiba tiba ada darah yang keluar. AP itu ya??? Tapi TDK disertai lendir dok?.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebanyak apa darah yang keluar? Apakah disertai dengan kontraksi dan nyeri perut bawah?

Kalau perdarahan yang Anda rasakan disertai dengan lendir, kontraksi, dan nyeri perut bawah, kemungkinan hal tersebut wajar terjadi. Perdarahan saat menjelang persalinan terjadi akibat robekan vena kecil karena pembukaan mulut rahim. 

Jika Anda belum merasakan gejala persalinan lainnya, kemungkinan penyebab perdarahan bisa bermacam-macam, yaitu:

- Plasenta previa adalah kondisi plasenta (ari-ari) yang menutup atau berada dekat dengan jalan lahir. Biasanya perdarahan terjadi akibat regangan dan pecahnya pembuluh darah plasenta, sebagai akibat penipisan dan pembukaan mulut rahim menjelang masa persalinan.

- Abruptio plasenta adalah kondisi lepasnya plasenta dari dinding rahim sebelum waktunya. Gejala yang dapat ditemukan adalah perdarahan berwarna merah gelap, dapat disertai bekuan darah (berupa gumpalan), dan rasa nyeri pada perut.

- Ruptur uteri adalah robekan spontan pada rahim yang dapat menyebabkan sebagian atau seluruh bagian bayi masuk dalam rongga perut. 

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak kemungkinan penyebab perdarahan saat hamil tua. Saya sarankan agar Anda langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengevaluasi lebih lanjut keluhan tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar