Sukses

menghitung masa subur

15 Jun 2020, 07:26 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok sya haid terakhir tanggal 6/6/2020 ,nh kapan masa subur sya?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Sebelum menghitung masa subur, perlu diketahui terlebih dulu berapa hari siklus haid Anda. Apakah 21 hari? 28 hari? 35 hari? atau yang lain?. Siklus haid normal berlangsung antara 21-35 hari. Untuk mengetahui masa subur Anda, perlu diketahui terlebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 6 bulan terakhir.

Untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, berikut caranya:

  • Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
  • Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.
  • Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 6 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Bagaimana Menentukan Masa Subur Wanita? 

Cara Menentukan Masa Subur Jika Haid Tidak Teratur

4 Hal Ini Bikin Kalender Masa Subur Tidak Efektif

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar