Sukses

Panduan Makan Penderita Diabetes

16 Jun 2020, 07:48 WIB
Wanita, 40 tahun.

Pagi dok.makanan apa ya dok yang cocok untuk penyakit komplikasi TBC dan DIABETES.karena saya takut asal - asalan makan bisa pengaruh ke penyakitnya.tolong ya dok kasih juga jadwal menu yang seimbang buat setiap harinya .thanks ya dok

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Untuk penyakit TBC tidak ada pantangan makanan, yang terpenting Anda harus rutin minum obat TBC tepat waktu. 

Pada penderita diabetes, mereka harus mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah tetap terjaga. Berikut beberapa panduannya: jenis 

Terdapat 3J dalam aturan makan pada penderita diabetes. J yang pertama adalah jenis makanan. Jenis makanan yang Anda konsumsi penting dalam mengontrol gejala diabetes. Agar tidak terjadi kadar gula darah yang tinggi, sumber karbohidrat sederhana harus dibatasi.

Sumber karbohidrat sederhana termasuk nasi, kentang, jagung, roti, makanan berdasar tepung seperti mi, pasta. 

Jumlah 

Perlu diingat bahwa sumber karbohidrat seperti di atas bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali, melainkan diperhatikan jumlahnya.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung jenis kelamin, usia, tinggi, berat badan, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Maka itu, konsultasikan ke ahli gizi untuk kebutuhan kalori Anda. 

Jam 

J yang ketiga adalah jam saat makan. Penting untuk memperhatikan jam makan karena jika pola makan tidak teratur dan melewati jam makan tertentu, maka akan menyebabkan Anda lemas karena kelaparan.

Jika Anda merasa lapar, maka akan ada kecenderungan untuk “balas dendam” di jam makan berikutnya. Tentu hal ini tidak baik untuk gula darah Anda. Makanlah saat jam sarapan, siang, dan malam ditambah camilan atau snack di antara jam makan besar tersebut. 

Berikut adalah contoh menu makanan untuk penderita diabetes:

Sarapan (06.00-08.00)Roti gandum 2 tangkap isi telur ceplok atau oatmeal instan 3 sendok takar.

Makan Siang (12.00-13.00)Makanan pokok: nasi merah atau kentang rebus

Lauk: dada ayam rebus, tumis buncis

Serat: sop kacang merah dan wortel

Makan Malam (19.00-20.00)Makanan pokok: nasi merah

Lauk: sop ikan patin

Serat: sayur bayam

Camilan (10.00, 16.00, 21.00)

Konsumsilah camilan di antara makan besar, yaitu pukul 10 pagi, 4 sore, dan malam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk membuat gula darah tetap stabil dan tidak terlalu rendah setelah mengonsumsi obat. Anda bisa memilih camilan seperti yoghurt, kue atau biskuit gandum, bubur kacang hijau, atau buah-buahan (pisang, apel, melon, alpukat). 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, terima kasih 

 

0 Komentar

Belum ada komentar