Sukses

Sakit kepala belakang dekat telinga

15 Jun 2020, 07:26 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamu'alaikum. Saya ingin bertanya, kalau sakit kepala di bagian belakang dekat telinga itu kenapa ya dok? Saya sudah 3 hari berturut-turut selalu sakit di bagian itu. Terima kasih.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Secara umum nyeri kepala dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder.

Nyeri kepala primer adalah nyeri kepala yang muncul akibat respons terhadap stres (baik fisik maupun psikis).Nyeri kepala primer sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Tension Headache, Migrain, dan Cluster Headache.

Tension Headache merupakan jenis nyeri kepala yang paling banyak dikeluhkan pasien dengan gejala rasa sakit pada kedua sisi kepala seperti terikat kencang dan terkadang rasa sakitnya sampai ke leher. Biasanya nyeri kepala jenis ini disebabkan oleh stress, kelelahan, kurang tidur, atau otot tegang.

Sedangkan migraine merupakan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi kepala, yang biasanya berlangsung selama beberapa jam dan nyeri pada saat terbangun dari tidur pagi. Penderita migraine juga biasanya menjadi sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. Migrain bisa disebabkan karena kurangnya kualitas tidur Anda pada malam hari. 

Nyeri kepala primer Cluster Headache adalah nyeri kepala pada daerah sekitar mata atau di belakang mata.Rasanya seperti tertusuk-tusuk dan biasanya disertai dengan gejala lain, seperti hidung tersumbat, mata merah dan berair di salah satu mata yang sakit. Umumnya Cluster Headache lebih banyak diderita oleh pria.

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda sebaiknya periksakan diri langsung ke dokter. Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri seperti Paracetamol. Pastikan untuk istirahat cukup, makan-makanan bergizi dan kelola stress dengan baik.

Sakit Kepala Berulang atau Rebound Headache, Apa Itu? 

Atasi Sakit Kepala Kronis dengan Cara Ampuh Ini

Sakit Kepala pada Siang Hari, Apa Penyebabnya?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar