Sukses

Penyebab Nyeri Pada Lambung

15 Jun 2020, 16:25 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok sy mau tanya istri saya punya pengyakit radang lambung sudah periksa ke dokter spesialis dalam,di USG juga ,katanya lambung nya ada radang nya,obat ranitidine,emprazole,dan sirup nya sudah di minum teros,mereda tp kok TK kunjung sembuh juga dok? Makan jg GK pernah makan bersantan dan TDK makan cabai setiap hari sayur bening tempe tahu,kalo ikan daging jarang kalo makan ayam badan sakit semua ,tp badan punggun ulu hati sampai tembus pundak punggung belakang kadang pegal kadang Yeri herbal jg semua sudah di coba gimana cara mengyembuhkan radang lambung dengan total dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. 

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih.Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah.

Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan.

Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress.

Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar