Sukses

ukuran payudara dan kaitannya dengan asi

15 Jun 2020, 07:25 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hai dok saya mau tanya tentang payudara, saya mulai khawatir karna puting saya tidak kunjung membesar layaknya teman2 saya, ukuran puting saya kecil sekali seperti puting laki2, mengingat saya sudah 19 apa masih bisa tumbuh dok? Apakah ini normal? Atau adakah cara untuk memperbesar puting saya karena saya merasa khawatir, jika tidak bisa membesar apa kah jikalau saya sdh menikah dan memiliki anak masih tetap bisa memberi asi? Terimakasih dok.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Pada anak perempuan, pertumbuhan payudara secara anatomi akan mulai berkembang pada usia 8 tahun. Fungsi payudara secara fisiologis adalah untuk memberikan ASI kepada bayi. Kelenjar susu, lemak dan jaringan ikat dapat memengaruhi ukuran dan bentuk payudara seseorang. Namun, hal ini tidak mengurangi kemampuan menyusui atau sensitivitas bahkan hubungan seksualnya.

American Society of Plastic Surgeons (ASPS) menyebutkan bahwasanya para ahli bedah ini pun memiliki pandangan berbeda soal bentuk dan ukuran. Secara umum, pemeriksaan di dunia medis hanya mengukur pertumbuhan payudara saat masa pubertas, yakni saat pertumbuhan ukuran dan bentuk payudara dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik, berat badan, olahraga serta hormon.

Tidak ada angka pasti untuk menentukan ukuran ideal payudara. Namun yang lebih penting dan patut diketahui adalah payudara dalam keadaan sehat atau tidak. Pastikan tidak ada perubahan drastis yang terjadi pada payudara Anda. Misalnya terjadi keluarnya cairan tidak normal dari puting payudara, tampak berwarna dan mengeluarkan bau tidak sedap. Selain itu, adanya perubahan kulit payudara tampak seperti kulit jeruk juga patut dipertanyakan.

Perlu diketahui bahwa ukuran besar atau kecil tidaklah menentukan normal atau tidaknya payudara seseorang. Anda disarankan untuk tetap menjaga agar payudara selalu dalam keadaan sehat. Jika terdapat keluhan yang mengganggu, segera temui dokter terdekat untuk mengetahui apakah membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Ketika wanita hamil dan menyusui, memang ukuran payudaranya menjadi lebih besar, terutama saat menyusui, karena payudara penuh dengan ASI. Namun setelah selesai menyusui, wajar jika ukuran payudara kembali ke asalnya.

Dalam dunia kedokteran, hingga saat ini belum ditemukan cara-cara alami ataupun obat-obatan yang terbukti efektif untuk memperbesar ukuran payudara. Saat ini, beberapa terapi untuk memperbesar ukuran payudara yang terbukti efektif adalah dengan menggunakan cara-cara yang invasif seperti dengan melakukan bedah plastik (implantasi payudara dengan memasukkan kantung silicon gel ke dalam payudara), sehingga payudara dapat besar, dengan ukuran disesuaikan dengan keinginan Anda. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik. Hal ini termasuk di dalam bedah plastik bagian estetik yang sebelumnya harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu keuntungan dan kerugiannya.

7 Mitos dan Fakta Seputar Payudara 

4 Penyebab Payudara Tak Tumbuh

Implan Payudara Bisa Memengaruhi Kualitas ASI?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar