Sukses

Flek Sebelum Haid, Normal Tidak?

15 Jun 2020, 10:16 WIB
Wanita, 20 tahun.

saya mau tanya keluar bercak darah sebelum waktu haid apakah itu normal? Dan apa penyebabnya ya dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar flek sebelum haid dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyebab keluarnya flek darah atau lendir kecoklatan (atau coklat) sebelum datang bulan bisa merupakan hal normal ataupun tanda adanya kelainan. Cairan menstruasi terdiri dari darah kotor, nutrisi dan lapisan endometrium. Dalam beberapa kasus, hanya lapisan endometrium akan dikeluarkan dari vagina, yang berwarna merah kecoklatan. Ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa wanita mengalami keluarnya lendir kecoklatan sebelum masa haid dan hal tersebut masih dalam batas normal.

Penggunaan kontrasepsi atau pil KB juga bisa menyebabkan keluhan flek -flek. Kontrasespi hormonal dapat mengubah bersama berfungsinya dua hormon wanita utama, estrogen dan progesteron. Pil kontrasepsi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, terutama saat menstruasi dan kehamilan. Pil ini juga mengubah tingkat hormon

Alasan lain untuk terjadinya keluarnya flek  bisa karena adanya polip. Polip, juga disebut sebagai tumor, yang berkembang abnormal, dalam rahim dan sifatnya jinak. Perdarahan di dalam rahim karena polip menyebabkan keluarnya cairan yang berubah warna.

Jika flek-flek semakin banyak dan sering serta ada nyeri perut, sebaiknya kontrol ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar