Sukses

Paska SC, kapan boleh hamil lagi?

14 Jun 2020, 18:43 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dok Mau tanya, tgl 3/8/2018 Saya hamil di luar kandungan dan di SC, Desember 2019 Saya hamil lagi. Tapi, karena plasenta perbaiki total dan pendarhan hebat saya terpaksa SC umur kandungan pas 7bln. Saya ingin program hamil lagi, jarak nya harus brp tahun dok dengan kehamilan sebelum nya? Apakah bisa tidak terjadi plasenta previa lagi? Klo misalkan untuk menunda hamil saya kb pil bagaimana? Katanya kalau kb, rahim jd kering? Makasih dok.

Halo Ibu, Saya mengerti keluhan yang Ibu sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Ibu.

Menurut penelitian memang diperlukan jarak aman dengan kurun waktu 18 - 25 bulan untuk dapat hamil lagi setelah operasi caesar. Karena jika terjadi kurang dari waktu itu diperkirakan akan terjadi resiko robekan rahim. Mengenai plasenta previa, konsultasikan kembali pada dokter kebidanan dan kandungan anda untuk faktor risiko apa saja yang anda miliki untuk mencegah kemungkinan terjadinya kembali.

Rahim kering merupakan salah satu istilah awam yang sebetulnya salah. Dengan menggunakan pil KB, menstruasi akan tidak kembali lagi dalam kurun waktu 8-12 bulan setelah dihentikan konsumsinya. Hal tersebut lah yang menyebabkan rahim dikatakan "kering" karena tidak ada telur yang dapat dibuahi akibat tidak datangnya haid. Anda dapat menggunaakn kontrasepsi seperti kondom atau spiral. Jarakkan kandungan anda setelah SC bisa menggunakan kedua metode tersebut, silahkan diskusikan dengan suami dan dokter kebidanan anda yang mana opsi terbaik sesuai kondisi kesehatan.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:

Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-

App Store : https://app.adjust.com/n01yug7

Semoga sehat selalu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar